Sumenep, Salam News. Id – Mal Pelayanan Publik (MPP) Sumenep tahun 2024 mempunyai layanan sebanyak 224 layanan, yang mana awal Launching MPP tahun 2019 mempunyai layanan sebanyak 100 layanan.
Peningkatan tersebut merupakan komitmen dari Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, harus selalu berinovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. R. Abd Rahman Riadi menyampaikan, respon masyarakat dengan adanya MPPsangat tinggi sehingga masyarakat mempergunakan MPP untuk menikmati layanan yang diberikan oleh Pemkab Sumenep.

“Sesuai dengan komitmen Bupati “Bismillah Melayani” kami terus melakukan inovasi dengan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, termasuk layanan perijinan,” kata Kadis DPMPTSP Abd Rahman Kamis (20/06).
Kadis Abd Rahman menyampaikan saat ini kami menambah layanan baru seperti dari kayanan nikah dari Kemenag, dari Kejaksaan dan layanan Bapas.
“Dengan adanya layanan dari Kemenag yang ada di MPP dapat mempermudah urusan tentang wakaf, nikah dan lainnya,” papar Rahman.
Setidaknya, kata Rahman masyarakat yang tidak mampu dapat melangsungkan pernikahannya di MPP dengan gratis. “Di MPpP kami mempunyai layanan konsultasi hukum, pencabutan barang bukti dan yang lain, untuk Bapas kami memberikan layanan terkait rehabilitasi dan pasca bebas dari tahanan,” imbuhnya
“Dengan adanya MPP respon masyarakat sangat tinggi, dan 83 persen masyarakat merasa puas dengan adanya layanan di MPP,” jelasnya.
Rahman menegaskan bahwa, di MPP ada tempat pengaduan jadi, apabila ada kendala dalam proses perijinan, masyarakat bisa mengadukan dan akan ditanggapi dengan baik dan proses segera dilaksanakan..
“Masyarakat dapat mempergunakan MPP ini semaksimal mungkin, karena sudah terintegrasi dari semua layanan yang dimiliki oleh semua instansi,” terangnya.
Sementara itu, salah seorang yang sedang mempergunakan layanan perijinan, Umam Buhari sangat mengapresiasi layanan satu pintu di MPP.
“Pemerintah telah memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait dengan layanan di MPP,” ucapnya
Imam menambahkan, layanan perijinan sangat mudah dan mendapat petunjuk penting yang duberikan oleh petugas yang ada “Ini merupakan penerapan tagline Bismillah Melayani sebagai bentuk visi Bupati,” pungkasnya.(Red)